Teknis Pelaksanaan PPL



Teknis Pelaksanaan PPL

Tujuan PPL:
memberi pengalaman lapangan pada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritisnya sesuai mata kuliah yang diampuh.

Lokasi PPL:
Lokasi PPL dilaksanakan di Kecamatan Sindue, desa:

Skedul PPL
Skedul PPL terintegrasi baik in class (kegiatan dalam kampus) maupun out class (kegiatan lapangan),

Minggu
Tempat
Uraian Kegiatan
Tujuan
I
Kampus
Pembekalan
Memberi pembekalan teknis
II
Di Lapangan
PPL
Melaksanakan kegiatan PPL
III
Kampus
Evaluasi PPL
Evaluasi pembelajaran
IV
Kampus
Seminar
Penilian


Waktu PPL
Tanggal
Waktu
Tempat
Uraian
17 Desember 2010
14.00- 14.30
Kumpul di Paradigma Untad
Persiapan Berangkat
16.00
Tiba di Lokasi
·         Perkenalan
·         Rencana PPL
·         Adaptasi
·         Merancang Strategi diskusi kelompok

17.00 – 19.00
Studi Pendahuluan (Pilot Studi)
·         Pengumpulan data awal

20 sampai selesai
Diskusi tematik
·          
18 Desember 2010
08.00 – 15.00
Pengamatan/Wawancara lapangan
Individu
15.00 – 15.30
Lapangan
Membuat Review
16.00-17.30
Diskusi Kelompok
Temuan/amatan   individu, didiskusikan bersama komunitas.
19 Desember 2010
09.00 – 11.30
Pengabdian Masyarakat
Membersihkan lokasi umum seperti Tempat Ibadah; Kantor Desa, dll
12.30
Meninggalkan Lokasi
Perpisahan

Pembagian Kelompok PPL
Agar kelompok terdistribusi secara merata dan secara subtansi tercapai tujuan PPL, maka prinsip pembagian kelompok diatur sebagai berikut:
1.       Pembagian kelompok mata kuliah dibagi atas 4 kelompok dengan memperhitungkan jenis kelamin. 
2.       Saat membagi mahasiswa dalam kelompok, memperhatikan apakah mahasiswa yang bersangkutan sudah terpetakan pada mata kuliah lain
3.       Jika ya, mahasiswa tersebut dalam kategori bayangan (tidak masuk hitungan)

Tematik PPL
Tematik PPL tentang Modal Sosial

Panduan Tugas, terdiri atas
1.       Tugas Individu: berupa catatan Pengamatan/Wawancara
2.       Tugas Kelompok/Individu:
Untuk kelompok selain memfasilitasi FGD juga membuat Laporan Kelompok
Untuk Individu (khusus mata kuliah Metode Penelitian Sosial) membuat Draft Proposal

Panduan 1. Catatan Lapangan

A.   Sifat Tugas        : Individu

B.   Deskripsi Tugas     :

1.    Mahasiswa melakukan pengamatan terlibat secara langsung berkaitan tema PPL dan masalah yang dipilihnya. Mahasiswa  melatih keterampilan mencatat pointpoint penting dalam pengamatan/wawancara dengan masyarakat.
2.    Mahasiswa menarasikan hasil pengamatan/ wawancara  tersebut dalam bentuk catatan lapangan.

C.   Bobot Penilaian            : 30 %

D.   Standar Pembuatan :
1.    Ditulis pada kertas HVS A4. Ukuran margin dalam cm (top: 4, left: 4, bottom: 3, right: left: 3).
2.    Menggunakan bentuk font times new roman atau Arial ukuran size 12 spasi 1 (satu).
3.    Maksimal 5 (lima) halaman tanpa menggunakan sampul, cukup dihekter ujung kiri atas;
4.    Dicopy 2 rangkap (1 untuk penanggung jawab mata kuliah; 1 rangkap buat Laboratorium Sosiologi)
5.    Dikumpul saat evaluasi PPL
6.    Identitas (nama, NIM, Mata Kuliah)

E.   Sistimatika Laporan (terlampir)









Nama               : …………………..…………………
NIM                  : …………………..…………………
Mata Kuliah    : …………………..…………………

 
 





CATATAN LAPANGAN

Tema   : Modal Sosial
Masalah          : Nelayan di Perdesaan
Lokasi : Desa ..
Waktu             : 18 Desember 2010

No
Waktu (jam)
Kegiatan
Hasil (keterangan data, amatan, analisis singkat)






























































Nama               : Amir
NIM                  : 007
Mata Kuliah    : MPS

 
 





Contoh CATATAN LAPANGAN

Tema       : Modal Sosial
Masalah : Nelayan di Perdesaan
Lokasi      : Desa ..
Waktu     : 18 Desember 2010

No
Waktu (jam)
Kegiatan (apa dan dgn siapa atau dimana)
Hasil (keterangan data, amatan, analisis singkat)
1
Tgl 18, jam
05.00
Pengamatan(rumah keluarga Herman)
Umumnya ibu-ibu sudah bangun, memasak air, menanak nasi buat keluarganya
2
07.00
Pengamatan (keluarga Herman)
Lantai rumah  berlantai tanah, tidak ada WC, dindingnya  terbuat dari bambu. Keluarga ini mempunyai 5 orang anak. Hanya laki-laki saja yang melanjutkan sekolah ke SMP sedangkan perempuannya hanya sampai tamat SD.
3
09.00
Wawancara dgn Ibu Herman
Dulu hasil tanggapan Bapak banyak, tapi sejak kehadiran PT. UNTUNG,  hasil tangkapan menjadi berkurang. Orang-orang bilang karena limbah pabrik.
4

12.00
Wawancara dgn pak Herman
Dulu kami dilarang memakai kayu tuva (kayu beracun) untuk menangkap ikan karena dewa laut akn marah, tapi sekarang lebih kejam karena orang tangkap ikan pakai bom.
Nelayan disini tidak menangkap ikan di Notupu (wilayah yang dikramatkan) – yang kesana pasti akan sakit.
Kalau kita ke Notupu hanya bisa lihat2 tapi harus bawa sesajen. Disana banyak karang dan tumbuhan laut.
5

14.00
Pengamatan Lingkungan Sekitar
Keadaan panas, pepohononan sangat kurang. Dihalaman rumah masyrakat juga sangat jarang tanaman (baik hias maupun tanaman buah).
Kondisi Kantor Desa: Data-data di papan desa datanya tahun 2004, sepertinya data di kantor desa tidak pernah diupdate.
Mejanya berdebu tebal, sepertinya kantor desa jarang dimanfaatkan.
6

Tgl 19, jam
09.00
Berish-bersih di Mesjid Annur
Bersama remaja Mesjid, kami mencari tanaman hias di sekitar warga. Setelah halaman mesjid dibersihkan rumputnya sekitar pagar kami tanam bunga.
Bersama remaja mesjid kami membersihkan kaca mesjid.

Panduan 2. FGD Lapangan dan Laporan Kelompok

A.   Sifat Tugas        : Kelompok

B.   Mata Kuliah yang di FGD:
1.    Pemberdayaan Masyrakat
2.    Kajian Lingkungan Hidup
3.    Sosiologi Perdesaan

C.   Deskripsi Tugas           :
1. Sebelum FGD:
a.    Mahasiswa secara berkelompok membagi peran, menentukan siapa yang memfasilitasi FGD; siapa yang mencatat proses; dan bagaimana strategi mengundang komunitas untuk datang ke FGD.
b.    mendiskusikan tempat dan waktu diskusi kelompok
c.    hasil pengamatan individu dibuatkan review
2. Saat FGD
a.    Mengungkapkan tujuan Diskusi ke peserta diskusi
b.    Mereview hasil temuan
c.    Diskusi

Catatan: Hasil FGD sebagai bahan pembuatan laporan
Alat yang dibutuhkan: Kertas Plano, Isolasi Kertas; Spidol; Kertas HVS (kebutuhan peralatan difasilitasi oleh Laboratorium Sosiologi   

D.   Bobot Penilaian            : 40 %

E.   Standar Pembuatan :
1.    Ditulis pada kertas HVS A4. Ukuran margin dalam cm (top: 4, left: 4, bottom: 3, right: left: 3).
2.    Menggunakan bentuk font times new roman atau Arial ukuran size 12 spasi 1 (satu).
3.    Maksimal 9 (sembilan) halaman tanpa menggunakan cover, cukup dihekter ujung kiri atas;
4.    Dicopy 2 rangkap (1 untuk penanggung jawab mata kuliah; 1 rangkap buat Laboratorium Sosiologi)
5.    Dikumpul saat Seminar Matakuliah
6.    Menulis Identitas Kelompok (nama-nama anggota, NIM, Mata Kuliah)

F.    Sistimatika Laporan: (terlampir)




Laporan Kelompok

Tema   : ………………….…………                           Lokasi  : ………………………………….…………

Masalah          : …………………                           Waktu              : ………………………………….…………

Kelompok: (Nama anggota dan NIM)          Mata kuliah : ………………………………….


A.     Review  Pengamatan Individu

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

B.      Pointer Hasil Catata Diskusi Kelompok


………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

C.      Analisis (memberi penguatan pada temuan fakta dengan teori Sosiologi)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

D.     Kesimpulan         

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

E.      Pustaka
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Panduan 3. Laporan Individu Metode Penelitian Sosial

Menyusun Judul Penelitian

A.      Sifat Tugas: Kelompok
B.      Deskripsi Tugas:
1.    Mahasiswa mengamati dan mencermati  masalah Sosiologis di lapangan (bedakan dengan masalah sosial).
2.    Mahasiswa mengimplementasikan hasil pencermatan tersebut  dalam bentuk narasi untuk menentukan permasalahan penelitian.
C.      Waktu Pengumpulan : Saat Seminar
D.     Bobot Penilaian : 40%
E.      Standar Pembuatan :
1.      Ditulis pada kertas HVS A4. Ukuran margin dalam cm (top: 4, left: 4, bottom: 3, right: 3).
2.      Menggunakan bentuk font times new roman atau Arial ukuran size 12 spasi 1 (satu).
3.      Maksimal 5 (lima) halaman tanpa menggunakan cover, cukup dihekter ujung kiri atas;
4.      Dicopy 2 rangkap (1 untuk penanggung jawab mata kuliah; 1 rangkap buat Laboratorium Sosiologi)
5.      Dikumpul saat Seminar Matakuliah
6.      Menulis Identitas (nama, NIM, Mata Kuliah)
F.       Sistimatika Laporan (terlampir)
















Format Laporan Individu (Metode Penelitian Sosial)

Nama              : ………………………………….…………                                 

NIM                : ………………………………….…………

MATA KULIAH            : ………………………………….…………


A.     Fakta Lapangan (masalah Sosiologis)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

B.      Teori yang terkait dengan Fakta


………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

C.      Permasalahan Yang akan diangkat


………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

D.     Judul (Kesimpulan)         


………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

E.      Pustaka
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Komentar

  1. IGT | VIRTUAL REALITY & VIDEO GAME - VIRTUAL REALITY
    IGT is an independent content provider, offering cutting youtube to mp3 download edge, high-quality gaming products to the most innovative and successful online

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer