Teknis Pelaksanaan PPL
Teknis Pelaksanaan PPL
Tujuan PPL:
memberi pengalaman
lapangan pada mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritisnya sesuai
mata kuliah yang diampuh.
Lokasi PPL:
Lokasi
PPL dilaksanakan di Kecamatan Sindue, desa:
Skedul PPL
Skedul
PPL terintegrasi baik in class (kegiatan dalam kampus) maupun out class
(kegiatan lapangan),
Minggu
|
Tempat
|
Uraian
Kegiatan
|
Tujuan
|
I
|
Kampus
|
Pembekalan
|
Memberi
pembekalan teknis
|
II
|
Di
Lapangan
|
PPL
|
Melaksanakan
kegiatan PPL
|
III
|
Kampus
|
Evaluasi
PPL
|
Evaluasi
pembelajaran
|
IV
|
Kampus
|
Seminar
|
Penilian
|
Waktu
PPL
Tanggal
|
Waktu
|
Tempat
|
Uraian
|
17
Desember 2010
|
14.00-
14.30
|
Kumpul
di Paradigma Untad
|
Persiapan
Berangkat
|
16.00
|
Tiba
di Lokasi
|
·
Perkenalan
·
Rencana
PPL
·
Adaptasi
·
Merancang
Strategi diskusi kelompok
|
|
17.00
– 19.00
|
Studi
Pendahuluan (Pilot Studi)
|
·
Pengumpulan
data awal
|
|
|
20
sampai selesai
|
Diskusi
tematik
|
·
|
18
Desember 2010
|
08.00
– 15.00
|
Pengamatan/Wawancara
lapangan
|
Individu
|
15.00
– 15.30
|
Lapangan
|
Membuat
Review
|
|
16.00-17.30
|
Diskusi
Kelompok
|
Temuan/amatan individu, didiskusikan bersama komunitas.
|
|
19
Desember 2010
|
09.00
– 11.30
|
Pengabdian
Masyarakat
|
Membersihkan
lokasi umum seperti Tempat Ibadah; Kantor Desa, dll
|
12.30
|
Meninggalkan
Lokasi
|
Perpisahan
|
Pembagian Kelompok PPL
Agar
kelompok terdistribusi secara merata dan secara subtansi tercapai tujuan PPL,
maka prinsip pembagian kelompok diatur sebagai berikut:
1.
Pembagian kelompok mata
kuliah dibagi atas 4 kelompok dengan memperhitungkan jenis kelamin.
2.
Saat membagi mahasiswa
dalam kelompok, memperhatikan apakah mahasiswa yang bersangkutan sudah
terpetakan pada mata kuliah lain
3.
Jika ya, mahasiswa tersebut
dalam kategori bayangan (tidak masuk hitungan)
Tematik PPL
Tematik
PPL tentang Modal Sosial
Panduan Tugas, terdiri
atas
1.
Tugas Individu: berupa
catatan Pengamatan/Wawancara
2.
Tugas Kelompok/Individu:
Untuk kelompok selain
memfasilitasi FGD juga membuat Laporan Kelompok
Untuk Individu (khusus mata
kuliah Metode Penelitian Sosial) membuat Draft Proposal
Panduan 1. Catatan Lapangan
A.
Sifat Tugas : Individu
B.
Deskripsi Tugas :
1.
Mahasiswa
melakukan pengamatan terlibat secara langsung berkaitan tema PPL dan masalah
yang dipilihnya. Mahasiswa melatih
keterampilan mencatat point‐point
penting dalam pengamatan/wawancara dengan masyarakat.
2.
Mahasiswa
menarasikan hasil pengamatan/ wawancara
tersebut dalam bentuk catatan lapangan.
C.
Bobot Penilaian : 30 %
D.
Standar Pembuatan :
1.
Ditulis
pada kertas HVS A4. Ukuran margin dalam cm (top: 4, left: 4, bottom: 3, right: left:
3).
2.
Menggunakan
bentuk font times new roman atau Arial ukuran size 12 spasi 1 (satu).
3.
Maksimal
5 (lima) halaman tanpa menggunakan sampul, cukup dihekter ujung kiri atas;
4.
Dicopy
2 rangkap (1 untuk penanggung jawab mata kuliah; 1 rangkap buat Laboratorium
Sosiologi)
5.
Dikumpul
saat evaluasi PPL
6.
Identitas
(nama, NIM, Mata Kuliah)
E.
Sistimatika Laporan (terlampir)
|
CATATAN LAPANGAN
Tema : Modal Sosial
Masalah : Nelayan
di Perdesaan
Lokasi : Desa ..
Waktu : 18
Desember 2010
No
|
Waktu (jam)
|
Kegiatan
|
Hasil (keterangan data, amatan, analisis singkat)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh CATATAN LAPANGAN
Tema : Modal Sosial
Masalah : Nelayan di Perdesaan
Lokasi : Desa ..
Waktu : 18 Desember 2010
No
|
Waktu (jam)
|
Kegiatan (apa dan dgn siapa atau
dimana)
|
Hasil (keterangan data, amatan,
analisis singkat)
|
1
|
Tgl 18, jam
05.00
|
Pengamatan(rumah keluarga
Herman)
|
Umumnya ibu-ibu sudah bangun,
memasak air, menanak nasi buat keluarganya
|
2
|
07.00
|
Pengamatan (keluarga Herman)
|
Lantai rumah berlantai tanah, tidak ada WC,
dindingnya terbuat dari bambu.
Keluarga ini mempunyai 5 orang anak. Hanya laki-laki saja yang melanjutkan
sekolah ke SMP sedangkan perempuannya hanya sampai tamat SD.
|
3
|
09.00
|
Wawancara dgn Ibu Herman
|
Dulu hasil tanggapan Bapak banyak,
tapi sejak kehadiran PT. UNTUNG, hasil
tangkapan menjadi berkurang. Orang-orang bilang karena limbah pabrik.
|
4
|
12.00
|
Wawancara dgn pak Herman
|
Dulu kami dilarang memakai kayu tuva (kayu beracun) untuk
menangkap ikan karena dewa laut akn marah, tapi sekarang lebih kejam karena
orang tangkap ikan pakai bom.
Nelayan disini tidak
menangkap ikan di Notupu (wilayah
yang dikramatkan) – yang kesana pasti akan sakit.
Kalau kita ke Notupu hanya
bisa lihat2 tapi harus bawa sesajen. Disana banyak karang dan tumbuhan laut.
|
5
|
14.00
|
Pengamatan Lingkungan Sekitar
|
Keadaan panas, pepohononan
sangat kurang. Dihalaman rumah masyrakat juga sangat jarang tanaman (baik
hias maupun tanaman buah).
Kondisi Kantor Desa:
Data-data di papan desa datanya tahun 2004, sepertinya data di kantor desa
tidak pernah diupdate.
Mejanya berdebu tebal,
sepertinya kantor desa jarang dimanfaatkan.
|
6
|
Tgl 19, jam
09.00
|
Berish-bersih di Mesjid Annur
|
Bersama remaja Mesjid, kami
mencari tanaman hias di sekitar warga. Setelah halaman mesjid dibersihkan
rumputnya sekitar pagar kami tanam bunga.
Bersama remaja mesjid kami
membersihkan kaca mesjid.
|
Panduan 2. FGD Lapangan dan
Laporan Kelompok
A.
Sifat Tugas : Kelompok
B.
Mata Kuliah yang di FGD:
1.
Pemberdayaan
Masyrakat
2.
Kajian
Lingkungan Hidup
3.
Sosiologi
Perdesaan
C. Deskripsi
Tugas :
1. Sebelum FGD:
a. Mahasiswa
secara berkelompok membagi peran, menentukan siapa yang memfasilitasi FGD;
siapa yang mencatat proses; dan bagaimana strategi mengundang komunitas untuk
datang ke FGD.
b. mendiskusikan
tempat dan waktu diskusi kelompok
c. hasil
pengamatan individu dibuatkan review
2. Saat FGD
a.
Mengungkapkan
tujuan Diskusi ke peserta diskusi
b.
Mereview
hasil temuan
c.
Diskusi
Catatan: Hasil FGD sebagai bahan pembuatan laporan
Alat yang dibutuhkan: Kertas Plano, Isolasi Kertas;
Spidol; Kertas HVS (kebutuhan peralatan difasilitasi oleh Laboratorium
Sosiologi
D.
Bobot Penilaian : 40 %
E. Standar
Pembuatan :
1.
Ditulis
pada kertas HVS A4. Ukuran margin dalam cm (top: 4, left: 4, bottom: 3, right:
left: 3).
2.
Menggunakan
bentuk font times new roman atau Arial ukuran size 12 spasi 1 (satu).
3.
Maksimal
9 (sembilan) halaman tanpa menggunakan cover, cukup dihekter ujung kiri atas;
4.
Dicopy
2 rangkap (1 untuk penanggung jawab mata kuliah; 1 rangkap buat Laboratorium
Sosiologi)
5.
Dikumpul
saat Seminar Matakuliah
6.
Menulis
Identitas Kelompok (nama-nama anggota, NIM, Mata Kuliah)
F. Sistimatika
Laporan: (terlampir)
Laporan Kelompok
Tema : ………………….………… Lokasi :
………………………………….…………
Masalah :
………………… Waktu : ………………………………….…………
Kelompok: (Nama anggota dan NIM) Mata kuliah : ………………………………….
A.
Review
Pengamatan Individu
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
B.
Pointer Hasil Catata Diskusi Kelompok
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
C.
Analisis (memberi penguatan pada temuan
fakta dengan teori Sosiologi)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
D.
Kesimpulan
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
E.
Pustaka
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Panduan 3. Laporan Individu
Metode Penelitian Sosial
Menyusun Judul
Penelitian
A. Sifat Tugas: Kelompok
B.
Deskripsi Tugas:
1. Mahasiswa mengamati
dan mencermati masalah Sosiologis di lapangan
(bedakan dengan masalah sosial).
2. Mahasiswa
mengimplementasikan hasil pencermatan tersebut
dalam bentuk narasi untuk menentukan permasalahan penelitian.
C. Waktu Pengumpulan : Saat Seminar
D. Bobot Penilaian : 40%
E. Standar Pembuatan :
1. Ditulis pada kertas HVS A4. Ukuran margin dalam cm (top: 4, left: 4,
bottom: 3, right: 3).
2. Menggunakan bentuk font times new roman atau Arial ukuran size 12 spasi
1 (satu).
3. Maksimal 5 (lima) halaman tanpa menggunakan cover, cukup dihekter ujung
kiri atas;
4. Dicopy 2 rangkap (1 untuk penanggung jawab mata kuliah; 1 rangkap buat
Laboratorium Sosiologi)
5. Dikumpul saat Seminar Matakuliah
6. Menulis Identitas (nama, NIM, Mata Kuliah)
F.
Sistimatika
Laporan (terlampir)
Format Laporan Individu (Metode Penelitian Sosial)
Nama : ………………………………….…………
NIM : ………………………………….…………
MATA KULIAH
: ………………………………….…………
A.
Fakta Lapangan (masalah Sosiologis)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
B.
Teori yang terkait dengan Fakta
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
C.
Permasalahan Yang akan diangkat
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
D.
Judul (Kesimpulan)
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
E.
Pustaka
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
IGT | VIRTUAL REALITY & VIDEO GAME - VIRTUAL REALITY
BalasHapusIGT is an independent content provider, offering cutting youtube to mp3 download edge, high-quality gaming products to the most innovative and successful online
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus